Sabtu, 06 Juni 2009

Analisis - SWOT - Ujian Online


I. PENDA
HULUAN
Sekilas tentang Analisis S W O T

Analisis SWOT (Strengths-Weaknesses-Opportunities-Threats) atau di-Indonesiakan menjadi analisis KEKEPAN (Kekuatan-Kelemahan-Kesempatan-Ancaman) sudah sangat umum dikenal dan mudah untuk dilakukan.

A. PENGERTIAN
PROSES MANAJEMEN STRATEGIS adalah sebuah proses delapan langkah yang mencakup perencanaan strategis, pelaksanaan atau penerapan dan evaluasi.
ANALISIS adalah suatu kegiatan untuk memahami seluruh informasi yang terdapat pada suatu kasus, mengetahui isu apa yang sedang terjadi, dan memutuskan tindakan apa yang harus segera dilakukan untuk memecahkan masalah.
ANALISIS SWOT adalah suatu bentuk analisis situasi dengan mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis terhadap kekuatan-kekuatan (Strengths) dan kelemahan-kelemahan (Weaknesses) suatu organisasi dan kesempatan-kesempatan (Opportunities) serta ancaman-ancaman (Threats) dari lingkungan untuk merumuskan strategi organisasi.

KEKUATAN (Strengths) adalah kegiatan-kegiatan organisasi yang berjalan dengan baik atau sumber daya yang dapat dikendalikan.
KELEMAHAN (Weaknesses) adalah kegiatan-kegiatan organisasi yang tidak berjalan dengan baik atau sumber daya yang dibutuhkan oleh organisasi tetapi tidak dimiliki oleh organisasi.
KESEMPATAN (Opportunities) adalah faktor-faktor lingkungan luar yang positif.
ANCAMAN (Threatss) adalah faktor-faktor lingkungan luar yang negatif.

B. LATAR BELAKANG

Era informasi telah menjadi bagian dari sendi-sendi kehidupan bangsa yang diikuti dengan semakin cepatnya kemajuan teknologi komputer. kemajuan suatu bangsa dapat dilihat dari tingkat kemajuan Teknologi informasi yang ada di negaranya. tak pelak lagi, generasi muda bangsa harauslah mulai sedini mungkin harus dibiasakan dengan Teknologi. Internet sebagai penunjang informasi antar bangsa, telah menjadi bagian dari sistem perekonomian suatu negara. dalam dunia pendidikan, internet telah memberi dampak besar terhadap perkembangan dan kemajuan Dunia pendidikan di Indonesia. Namun dampak negatif dari kemajuan teknologi itu sendiri mulai terasa dikalangan generasi muda. mulai dari mudahnya budaya asing masuk, sampai informasi-informasi yang mengandung unsur sara. dari gambaran tersebut, perlulah dibautnya analisis SWOT terhadap dunia pendidikan yang bersifat online, agar dapat dengan mudah kita menganalisis keuntungan maupun kerugian yang diakibatkan kemajuan teknologi informasi, serta menyiapkan langkah antisipasi terhadap dampak yang diakibatkan teknologi informasi tersebut.

II. PEMBAHASAN


1. KEKUATAN (Strengths)
Menurutku saya, ujian online memiliki kelebihan diantaranya Peserta dapat mengerjakan dengan tenang karena tidak ada pengawas, efisiensi waktu. Dengan ujian online, waktu ujian bisa dilaksanakan di luar dan di luar jam perkuliahan, jadi jam pelajaran yang ada di perkuliahan bisa digunakan untuk materi yang lain. Ujian online juga dapat mengenalkan mahasiswa yang belum bisa bermain internet menjadi bisa karena mau tidak mau dia harus melaksanakan ujian melalui internet. Dan bagi yang sudah bisa berinternet akan menjadi lebih mahir. Mahasiswa juga tidak perlu repot-repot mengeluarkan kertas dan bolpoin untuk melaksanakan ujian.

2. KELEMAHAN (Weaknesses)
Cukup membuat ribet. Musti ke warnet bolak-balik, membutuhkan UTS on line yang pernah saya jalani kemarin modal untuk bisa dapat nilai ujian tengah semerster. Harus menyisihkan uang saku buat ujian. Kesalahan dapat terjadi tidak hanya karena
peserta, melainkan juga karena kesalahan tekhnis. Waktu mau mengerjakan diluar rasanya takut gak bisa atau ada error. Tar malah nilainya jeblok, gara-gara komputernya gak mendukung. Bingung juga…. Terus masuk ke web sitenya lama. Gitu aja udah bikin drop, khawatir juga. Belum apa-apa loadingnya sudah lama, apa lagi nanti waktu mengerjakan loding lama, waktu yang dikasih semakin berkurang. Tapi waktu mencoba ujiannya syukur gak ada masalah, semua lancar deh. Tambah biaya juga deng….!? Tapi, walaupun sudah mengerjakan rasanya mengkhawatirkan. Berhubung pengalaman teman-teman itu banyak yang ada masalah. Jadi khawatir lagi ujianku juga bermasalah.
Memberi kesempatan mahasiswa untuk curang dalam melaksanakan ujian. Mulai dari melihat buku, kerjasama dengan teman lain, atau bahkan dapat memicu munculnya joki-joki dadakan. Kekurangan lainnya adalah tentang masalah koneksi internet. Tentunya akan sangat kasihan bila ada mahasiswa yang sedang melaksanakan ujian dan masih belum selesai tiba-tiba koneksi internet putus atau errror gara-gara terlalu banyak yang mengakses ujian online tersebut. Dia akan mendapat nilai yang jelek. Di samping itu, ujian online ini juga agak makan biaya. Saya berpendapat bahwa kekurangan lain dari ujian online adalah tidak adanya soal esai/isian pada ujian yang dilaksanakan.
Saya tidak mempunyai saran apakah ujian online diteruskan atau tidak. Namun apabila diteruskan sebaiknya kualitas koneksi ke ujian lebih ditingkatkan agar tidak error waktu di akses banyak orang

Dari hasil diskusi dengan beberapa mahasiswa, terdapat kekurangan lain dalam Ujian Online. Hal ini menyangkut perubahan paradigma, etika dan budaya ujian di Kampus. Hal yang paling riskan adalah bagaimana dengan mahasiswa yang contekan atau , bagaimana dengan mahasiswa yang melihat buku saat ujian, dan bagaimana dengan joki alias menggunakan jasa orang lain untuk mengerjakan ujian.
Masalah ketiga ini yang terus terang menjadi kendala utama dan kelemahan utama dari elearning ujian online, bisa di mungkinkan bahwa mahasiswa yang bersangkutan login ujian namun yang mengerjakan orang lain atau di kerjakan bersama-sama. Dengan segala berat hati dan tidak memiliki maksud untuk meremehkan kasus ini, kami sepakat bahwa kendala ketiga ini belum perlu di bahas.

3. KESEMPATAN (Opportunities)

Salah satu Peluang dalam ujian Online ini adalah bahwa hal ini merupakan peluang didalam dunia pendidikan untuk mulai selangkah lebih maju dalam bidang IT, disini adalah suatu peluang dalam membuka paradigma dunia pendidikan di Indonesia tentang Perubahan era Industri kedalam Era Informasi, dimana Teknologi Komputer dan Internet adalah hal yang sudah menjadi biasa dalam dunia Pendidikan di Indonesia.

4. ANCAMAN (Threatss)

Ancaman didalam dunia maya yang sampai sekarang belum ada solusi jitu dari Pemerintah adalah Situs-situs porno yang masih dengan mudahnya dapat diakses oleh pelajar di Indonesia bahkan anak SD pun dengan mudahnya brows ke site-site tersebut. Ini adalah sebuah pekerjaan rumah yang sangat besar bagi semua kalangan terutama Pemerintah, agar segera melindungi moral gererasi muda anak bangsa, akan cepatnya kemajuan arus Teknologi, yang berimplikasi pada masuknya budaya-budaya asing yang tidak sesuai dengan ajaran agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar